Asupan Gizi Untuk Si Penderita Kanker

0
233

Bagi para penderita kanker, asupan nutrisi yang baik tidak bisa lagi ditawar. Itu karena sebagian besar penderita penyakit kanker mengalami penurunan berat badan.
Nutrisi itu pun bukan hanya penting bagi penderita yang sedang menjalani terapi dan pemulihan dari terapi, tapi juga pada keadaan remisi maupun untuk mencegah kekambuhan. Nutrisi dan kanker menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan. Begitu disampaikan Fahma Sunarja, Senior Dietitian CanHOPE Counselling & Support Services Parkway Cancer Singapore saat berkunjung ke Kota Medan, pekan lalu.

“Kebanyakan pengidap kanker kehilangan berat badan sampai 10 persen dari berat normalnya, apalagi bagi penderita kanker saluran pencernaan. Setelah didiagnosis, pengidap kanker harus mengikuti semua yang dibilang dokter.

Dokter yang menentukan terapi, pemulihan terapi dan lain-lainnya. Nah, satu-satunya yang bisa mereka lakukan atau mereka kontrol sendiri adalah makanan. Bahkan, tak jarang untuk informasi asupan nutrisi atau makanan ke mereka itu overload, sehingga konseling soal nutrisi itu sangat penting sekali,” ujar wanita asal Bandung yang saat ini telah menetap di Singapura itu.

Lanjut Halaman Berikutnya

LEAVE A REPLY