Beberapa Pemain Asia Ini Populer di Eropa, Ada Juga Lilipaly!

0
876

Jika kita bicara sepak bola Asia, jujur saja memang berada paling belakang soal kualitas sepak bolanya di banding benua-benua lainnya. Bahkan sekalipun Asia lebih Makmur dalam hal kondisi ekonomi Negara dibanding Afrika, mereka masih di bawah Afrika soal melahirkan bakat-bakat pesepakbola.

Dari dulu hingga sekarang Negeri Asia yang berhasil membawa harum Asia di Eropa adalah Jepang. Dulu, Jepang memiliki talenta-talenta penting yang bersebaran di hampir semua Negara-Negara besar penggelar kompetisi. Saat ini, nama-nama seperti Shinji Kagawa, Shinji Okazaki, dan dua Japanese yang berkelana di Italia Keisuke Honda dan Yuto Nagatomo adalah nama-nama yang begitu populer saat awal kedatangannya. Namun sekarang dengan berdatangannya nama-nama baru as Asia yang lebih memiliki pamor, membuat mereka perlahan tersingkirkan.

Dalam beberapa waktu ini, beberapa nama baru lahir dari Asia di Eropa. Beberapa bahkan mulai populer, seperti Son Heung-min dari Korea Selatan, yang kini bermain untuk Tottenham Hotspur. Sampai-sampai Indonesia pun rupanya dielu-elukan di Eropa sana berkat kiprah Stefano Lilipaly bersama timnas Garuda.

Fox Sports merangkum 5 nama pemain Asia yang mulai populer di tanah Eropa saat ini.

Stefano Lilipaly (Indonesia)

Menjadi figur penting dalam lini serang Indonesia pada Piala AFF 2016 membuatnya terkenal di tanah ayahnya ini. Putra dari ayah asli Indonesia dan ibu keturunan Belanda, itu bisa membawa Indonesia ke final, dan memenangkan leg pertama lawan Thailand. Keberhasilannya itu pun tidak hanya membuat namanya tersorak di Indonesia, di Belanda setidaknya pihak klub Lilipaly ikut antusias atas kiprah impresifnya di ajang internasional.

Lilipaly bermain untuk Telstar di Eerste Divisie, setelah sempat mencicipi Utrecht, Almere City, juga Consadole Sapporo di Jepang. Dia sebelumnya bisa bermain untuk Belanda, dan sempat membela tim junior sebelum memilih timnas Indonesia pada 2013.

Gol pertamanya untuk Indonesia adalah ke gawang Singapura, yang membawa Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2016.

Alireza Jahanbakhsh (Iran)

Alireza Jahanbakhsh bermain untuk AZ Alkmaar di Netherlands. Penyerang asal Iran, itu sedang dalam performa terbaik, yang membuatnya selalu menjadi pilihan utama. Kekuatannya adalah pada akurasi operasi.

Jahanbaksh terpilih menjadi pemain terbaik di laga lawan Heracles, setelah mencetak satu gol dan memberikan satu assist di pertandingan tersebut. Dia sempat dinominasikan sebagai talenta muda terbaik Eredivisie pada musim 2013/2014.

Dia turut membela Iran dalam Piala Dunia 2014 dan Piala Asia 2015.

Park Joo-ho (Korea Selatan)

Park Joo-ho belakangan tidak mendapat cukup waktu bermain di Borussia Dortmund. Namun, mantan bintang Kashima Antlers dan Basel, itu sempat dikaitkan dengan Inter Milan. Dia membantu Basel menjadi juara Uhrencup, dan menjadi klub Swiss pertama yang mencapai babak gugur Liga Champions.

Ali Adnan (Irak)

Ali Adnan yang dijuluki ‘Gareth Bale Asia’, itu menjadi pemain Irak pertama yang bermain di Serie A, setelah dibeli Udinese pada 2015. Bek kiri Irak, itu menarik perhatian banyak klub, setelah tampil bagus dalam pertandingan Olimpiade 2016 lawan Denmark.

Son Heung-min (Korea Selatan)

Gol Son Heung-min ke gawang Jerman di Olimpiade Rio de Janeiro, dipilih sebagai gol terbaik oleh Asosiasi Sepakbola Korea. Son dibeli Tottenham Hotspur musim lalu, dan mulai tampil bagus musim ini, dengan mencetak enam gol.

 

 

LEAVE A REPLY