Claudio Ranieri Tangani Thailand, Kiatisuk Pelatih Indonesia

0
637

Keberhasilan Thailand di AFF tahun ini membuat nama Kiatisuk menjadi sensasional. Pelatih yang sukses membawa Thailand dua kali juara Piala AFF ini, diyakini segera melatih timnas Indonesia. Ada dua indikasi kuat merapatnya Kiatisuk ke tim Merah Putih. Pertama adalah karena Federasi Sepakbola Thailand (FAT) telah mendapatkan pelatih baru, yakni manajer Leicester City saat ini, Claudio Ranieri. Hal itu memang belum dirilis resmi, namun Bangkok Post hari ini membocorkan rencana tersebut.

Kiatisuk adalah pelatih yang sudah berprestasi meski berumur muda, namun FAT tampaknya ingin tim Negeri Gajah Putih itu naik level. Tak hanya jago di kawasan Asia Tenggara, tapi Asia bahkan masuk ke jajaran elit sepakbola dunia. Ranieri menjadi calon terkuat. Pasalnya, pemilik Leicester City tidak lain adalah taipan Thailand, Vichai Srivaddhanaprabha.

Alasan lainnya terkait peluang Kiatisuk bisa memoles Andik Vermansyah cs adalah karena kontrak sang pelatih yang akan kadaluarsa Februari 2017. Lazimnya, kurang 2-3 bulan, ia disodori kontrak baru. Nyatanya, hingga kini FAT tak bereaksi. “Saya melatih timnas Indonesia? Mungkin saja. Tapi saya menunggu sikap FAT. Jika mereka masih butuh, saya akan terus menangani timnas. Kalau tidak, Indonesia tantangan yang menarik. Kita lihat saja nanti,” ujarnya saat di final Piala AFF kemarin.

Di sisi lain, Indonesia memang konon tengah memburu pelatih-pelatih top dunia macam Guus Hidink, tapi peluang itu dirasa kecil. Selain mahal, pelatih top tentu juga ingin menjaga reputasi dengan melatih tim nasional yang tak terlalu jauh levelnya. Melihat situasi ini, merekrut Kiatisuk merupakan opsi yang paling masuk akal, menggantikan Alfred Riedl yang tidak bisa membawa prestasi sebuah piala yang masyarakat idam-idamkan.

LEAVE A REPLY