Lakukan Ini Jika Debt Collector Tarik Paksa Motor Anda

0
136

1Lakukan Ini Jika Debt Collector Tarik Paksa Motor Anda

Gambar Hanya Ilustrasi

Debt collector alias penagih utang kerap menjadi momok yang meresahkan para pemilik kendaraan, tak terkecuali roda dua. Alasannya, mereka tak segan melakukan penarikan paksa unit sepeda motor yang tercantum di buku catatannya meski saat kita tengah melaju di jalan raya. Mirisnya, mereka juga tak segan melakukan tindak anarki bila pemilik sepeda motor bersikap arogan.

Lantas apa yang perlu dilakukan jika tengah berada di kondisi demikian? Hal yang bisa Anda jadikan pedoman adalah jaminan fidusia. Sepeda motor yang dilengkapi dengan jaminan fidusia seperti diatur dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 disebutkan dapat ditarik pihak kreditur tanpa memakai jasa debt collector. Artinya, dengan adanya jaminan fidusia, kreditur tak akan semena-mena menggunakandebt collector.

Cara yang sah yakni, pihak leasing nantinya bakal menarik kendaraan bermotor yang wanprestasi, tanpa memakai intimidasi.

Hal ini disampaikan Director Chief Sales and Distribution Adira Finance, Hafid Hadeli. Kata dia, seluruh kendaraan yang menggunakan jasa pembiayaan dari perusahaannya menggunakan jaminan fidusia. “Hak Fidusia itu mulai berlaku setelah krisis tahun 1998, dikeluarkan jaminan fidusia sebenarnya untuk memproteksi. Kita masih menggunakan. Sebenarnya perjanjian kredit itu untuk proteksi kita dan ada ketentuan yang mengatur itu,” kata dia kepada VIVA.co.id, baru-baru ini.

Back

LEAVE A REPLY